Abstraksi Jurnal Ekonomi

Nama : RISCA WIDYASUCI
Kelas : 3eb05
NPM : 20207950
Mata Kuliah : Riset Akuntansi (softskill)

Sumber Jurnal : http://akuntansi.usu.ac.id/jurnal-akuntansi-13.html

PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, DEBT TO EQUITY
RATIO, NON PERFORMING LOAN, OPERATING RATIO, DAN
LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN ON
EQUITY (ROE) PERUSAHAAN PERBANKAN YANG
TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA



ABSTRAK



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal, aktiva, laba, likuiditas, dan profitabilitas dari perusahaan-perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio), tingkat hutang terhadap ekuitas (Debt to Equity Ratio), kinerja pinjaman tanpa jaminan (Non Performing Loan), rasio operasi (Operation Ratio), dan suku bunga pinjaman untuk deposito (Loan to Deposit Ratio) sebagai variabel independen dan Imbal Hasil Ekuitas (Return on Equity) sebagai variabel dependen.

Penelitian ini menggunakan metode asosiatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi dari cross section dan time series yang diambil dari laporan tahunan 19 bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun periode 2005-2008. Metode analisis yang digunakan metode uji statistik regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Uji t digunakan untuk menganalisis pengaruh parsial variabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan uji F digunakan untuk menganalisis secara simultan variabel independen terhadap variabel dependen.

Kesimpulan dari penelitian ini akan menunjukkan bahwa rasio kecukupan modal dan rasio tingkat hutang terhadap ekuitas adalah negatif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian ekuitas. Sedangkan kinerja non-kredit, rasio operasi, dan pinjaman untuk suku bunga deposito mempunyai nilai negatif dan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian ekuitas. Hasil uji F akan menunjukkan bahwa rasio kecukupan modal, rasio hutang terhadap ekuitas, kinerja pinjaman tanpa jaminan, rasio operasi, dan suku bunga pinjaman untuk deposito memiliki pengaruh yang simultan terhadap imbal hasil ekuitas.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Cari Blog Ini